PENGOPRASIAN DASAR WINDOWS

Posted on Updated on

Windows_7_logoMicrosoft Windows atau Windows merupakan keluarga sistem operasi komputer, yang dikembangkan oleh Microsoft dengan teknik antarmuka berbasis grafik atau GUI (Graphical User Interface).

Sejarah Windows 7.
Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 juli 2009, setelah 3 tahun pendahulunya yaitu Windows Vista. Microsoft sendiri mengeluarkan banyak versi untuk sistem operasi Windows 7 ini, yaitu sebagai berikut:

1. Windows 7 Starter
2. Windows 7 Home Edition
3. Windows 7 Home Premium
4. Windows 7 Profesional
5. Windows 7 Enterprise/Ultimate
Definisi Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak komputer (software) yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat.

Tujuan Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan sebuah program yang mengontrol eksekusi dari program-program aplikasi dan bertindak sebagai penghubung antara aplikasi dan komputer hardware.
Sistem operasi memiliki 3 tujuan yaitu:
1. Kenyamanan
2. Efisiensi
3. Kemampuan untuk berkembang

Keunggulan Windows 7
Baru-baru ini Microsoft Mengklaim Windows 7 sebagai OS yang dirancang sesuai dengan selera konsumen yang menginginkan komputer yang simpel. “Lebih cepat bekerja, sedikit mengklik, koneksi yang mudah dan tidak rumit.
Berikut ini 9 keunggulan Windows 7 yang diklaim bos baru Microsoft pengganti Bill Gates, Steve Ballmer :
1. MENEMUKAN FILE SECARA CEPAT.
2. MELIHAT SELURUH JENDELA DENGAN MUDAH.
3. MENGINTIP DIAM-DIAM DESKTOP ANDA.
4. CARI APA YANG DIINGINKAN DENGAN SANGAT MUDAH.
5. BANDINGKAN 2 JENDELA SATU SAMA LAIN.
6. SATU KLIK DAPAT SEMUA.
7. MENGHUBUNGKAN PERANGKAT WIRELESS.
8. MEMBUAT WEB JAUH LEBIH CEPAT, AMAN DAN MUDAH.
9. PERSONALISASI KOMPUTER ANDA.

Keterangan:
1. Layar Desktop layar dasar pada tampilan Windows 7.
2. Icon Shortcut ikon program yang digunakan sebagai pintasan untuk mengaktifkan suatu program dengan 2x klik pada ikon program yang diinginkan.
3. Tombol Display Desktop untuk menampilkan layar Desktop saat pengguna komputer mengaktifkan program sehingga user tidak perlu menutup semua program aktif saat ingin menampilkan layar Desktop. User cukup meng-klik 1x tombol ini.
4. Tombol Start digunakan untuk mengaktifkan Start Menu, dimana pada Start Menu terdapat, antara lain, untuk memulai program dari All Program, mengatur konfigurasi komputer, dll.
5. Notification Area berisi jam/tanggal, informasi tentang status program/perangkat pendukung sistem, dan sebagai tempat munculnya pesan informasi tentang status perangkat periferal komputer. Pada lapop, area ini juga menampilkan status batete dan status jaringan maupun internet.
6. Quick Launch berisi 3 tombol utama, untuk membuka program dengan sekali klik. Area ini juga sebagai tempat tombol explorer saat Anda membuka folder atau beberapa folder.
7. Language Bar digunakan untuk memilih jenis bahasa penulisan yang akan digunakan oleh sistem.
8. Tombol Taskbar deretan atau kelompok tombol aplikasi yang diaktifkan oleh user. Tombol ini digunakan antara lain, untuk pindah ke aplikasi lainnya dan untuk menampilkan dan menyembunyikan aplikasi.

Leave a comment